Rabu, 05 Juni 2019

Kampus Citra Bakti Ngada melakukan Pembelajaran di Luar Kelas di Patung Bunda Maria Beiposo

Bajawa (24/5) Flores Post Edisi 28 Mei 2019

Serangkaian kegiatan *live in* yang dilaksanakan oleh mahasiswa.dan dosen STKIP Citra Bakti di tiga paroki di Kabupaten Ngada, mahasiswa dan dosen yang mendapatkan lokasi live in di Paroki Longginus (Wolowio) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Gambar Dosen dan Mahasiswa STKIP Citra Bakti melaksanakan pembelajaran

Pengabdian dilaksanakan untuk anak anak SD kelas I sampai kelas V SDI Beiposo, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Siswa yang terlibat sebanyak 176 anak dan 8 orang guru.

Sementara dosen yang dilibatkan sebanyak tiga orang dan puluhan mahasiswa STKIP Citra Bakti.

Pengabdian yang mengambil topik pembelajaran di luar kelas, diprakarsai oleh dosen dosen STKIP Citra Bakti. 

Kegiatan diawali dari titik  lapangan SDI Beiposo. Seluruh peserta.berjalan kaki dengan medan mendaki kurang lebih 40 menit perjalanan. Menyusuri jalan beraspal dan kerikil, perjalanan diiringi dengan lagu dan yel yel motivasi.

Setelah melaksanakan doa bersama di Patung Bunda Maria, anak anak dan peserta lainnya makan bersama. Setelahnya baru dilakukan pembelajaran untuk masing masing kelas.

Salah satu dosen penggagas kegiatan Dek Ngurah Laba Laksana, yang juga selaku dosen pendamping mahasiswa, memaparkan pentingnya pembelajaran yang dilakukan di luar kelas untuk mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. "Pembelajaran dilakukan melalui permainan, lagu, dan cerita", sambung Laksana. 

Laksana yang juga sebagai wakil ketua bidang akademik STKIP Citra Bakti,  menambahkan "kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 60 menit dengan beragam kegiatan dan aktivitas yang dapat mengeksplor kreativitas anak-anak tersebut". 

"Kegiatan semacam ini adalah kegiatan wajib yang diprogramkan pemerintah dalam rangka mewujudkan sekolah yang ramah anak", pungkas Bernabas Wani selaku salah satu tim dosen pendamping.

Di tempat terpisah, Maria Patrisia Wau yang juga mendampingi kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa mahasiswi yang kuliah di kampus Citra Bakti. Mahasiswa yang dilibatkan adalah mahasiswa dari Program Studi PGSD, Program Studi PJKR, Program Studi Pendidikan Musik, Program Studi PG-PAUD, dan Program Studi IPA.

Ketiga dosen pendamping ini kompak menyatakan bahwa kegiatan ini adalah inovasi dalam melaksanakan pembelajaran untuk membentuk semangat dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak anak generasi muda bangsa.

"Kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin dalam program akademik selanjutnya", terangnya.

Ditemui di akhir kegiatan, kepala SDI Beiposo, Bapak Adrianus Dopo Neno, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini baru pertama dilaksanakan. Biasanya kami hanya doa setelah itu langsung pulang ke sekolah. Namun hari ini ada suasana yang berbeda, semoga kegiatan ini bisa menginspirasi anak anak untuk giat belajar guna mencapai cita cita, sambung Adrianus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar