Rabu, 05 Juni 2019

Binahong si Daun Hati

Binahong yang dalam bahasa Latin disebut Bassela rubra linn tumbuh dengan baik di wilayah tropis seperti Indonesia. Daun ini sudah dikenal sangat baik di wilayah asia timur seperti china, taiwan, dan korea. 
Gambar Daun Binahong (Sumber: dokumen pribadi)

Berbagai khasiat diperoleh dari daun yang berbentuk hati ini. Dilansir dari halaman detik.com terdapat tujuh manfaat dari tanaman yang dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah ini. Berikut penjelasannya.

1. Menghilangkan jerawat
Jerawat adalah salah satu momok bagi remaja. Tumbuhnya jerawat, apalagi dalam populasi yang banyak, jelas menggangu percaya diri. Untuk itu, gunakanlah masker binahong. Caranya mudah, cukup hancurkan beberapa helai daun binahong, lalu oleskan ke seluruh wajah atau bagian yang ada jerawat. Lakukan hal ini beberapa hari, niscaya jerawat minggat.

2. Menyembuhkan luka
Daun ini mujarab sebagai antiseptik dan mempercepat penyembuhan luka, seperti luka gores, memar, bakar, kecuali luka karena patah hati. Caranya juga sama seperti pada cara mengatasi jerawat.

3. Mengurangi resiko sakit jantung
Nah, kalau jenis penyakit ini, cukup dengan meminum air rebusan dari daun binahong. Dan pembuatannya pastikan jangan menambahkan zat lainnya seperti pemanis ataupun ramuan lainnya. Caranya adalah ambil 3-10 helai daun binahong, cuci bersih, lalu rebus. Rebus menggunakan dua gelas air dan sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebutbdalam keadaan hangat. 

4. Mencegah diabetes
Siapa yang tidak tahu penyakit ini? Penyakit yang diidap hampir 422 juta orang di dunia (WHO, 2014). Namun jangan ragu, daun binahong bisa menjadi solusinya. Caranya juga sama seperti yang sudah dijelaskan pada poin 3. Minum setiap haru untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik.

5. Menghilangkan kanker
Baru mendengar kata kanker saja sudah keringat dingin keluar. Wajar, penyakit ini terkenal sangat mematikan. Apalagi masuk dalam kategori kanker ganas. Ani Yodhoyono, istri dari SBY (presiden RI 2004-2014) meninggal disebabkan oleh keganasan kanker (kanker darah). Agar tidak menjadi kecemasan mendalam, ada baiknya mencoba obat herbal binahong. Caranya juga sama, cukup merebusnya lalu meminum air rebus binahong secara rutin.

6. Obat maag
Maag menjadi penyakit wajib bagi anak kuliahan apalagi yang biasa hidup in the kos. Terlamnat makan, beban tugas sampai tingkat stres tinggi adalah salah satu pemicunya. Namun jangan khawatir, tanamlah binahong di depan kamar kos kalian dalam polybag besar. Ini dilakukan untuk mengantasipasi kedatangan penyakit ini. Jika terjadi, minumlah rebusan dari daun yang kalian sudah tanam sebelumnya. Tapi ingat, makan yang teratur, karena binahong hanya menyembuhkan maag tidak menyembuhkan kebiasaan kalian yang lupa sarapan.

7. Selamat tinggal asam urat
Asam urat terjadi karena kelebihan kadar purina (rumus kimianya C₅H₄N₄O₃) dalam tubuh. Jika kadar purina sudah di atas batas normal, minumlah rebusan binahong. Dijamin asam urat kabur.

Selamat berbinahong ria. Obat herbal jaman now. 

Sumber:1. https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4529685/7-manfaat-daun-binahong-untuk-pengobatan2. Tantini, D.W., Kurnianto,S.E. (2016). Efek Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) terhadap Profil Darah Merah pada Marmut (Cavia cobaya). Jurnal Sain Veteriner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar