Kamis, 18 April 2019

PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

Bajawa. 24 Oktober 2016. Dosen STKIP Citra Bakti atas nama Dimas Qondias, Dek Ngurah Laba Laksana, dan Melkior Wewe, melakukan kegiatan Tridarma perguruan tinggi dengan mengadakan kegiatan pengabdian untuk guru-guru SD di Kecamatan Bajawa, Nusa Tenggara Timur. Waktu penyelenggaraan yaitu selama 2 hari, yaitu hari 22-23 Oktober 2016. Hari pertama adalah pemberian pretest untuk seluruh peserta dan dilanjutkan dengan pemberian materi. Hari kedua kegiatan-kegiatan meliputi praktek pengembangan media, pemberian posttest dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. 
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan kemampuan dalam mengembangkan media inovatif khususnya menggunakan media berbasis komputer dan melatih guru-guru untuk meningkatkan kemampuan menggunakan media inovatif. Pengabdian ini melihat dari adanya kurang pengetahuan dan keterampilan guru SD di kecamatan Bajawa dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan Kurangnya pengetahuan guru dalam mengembangkan media inovatif dalam pembelajaran. Pengabdian ini dilakukan di KKG I Kecamatan Bajawa yang diikuti 30 orang guru. Kegiatan ini diawali dengan penyajian materi media inovatif mind mapping yang disajikan oleh 3 pembicara dengan metode presentasi, kegiatan selanjutnya dibuka sesi tanya jawab dari peserta ke narasumber, setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan pengembangan media oleh peserta dan didampingi oleh narasumber. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) meningkatnya minat dan motivasi guru-guru SD dalam mengembangkan dan menggunakan media mind mapping dari rata-rata skor pretest 30 menjadi 86 pada skor posttest. (2) kemampuan guru dalam menggunakan media inovatif mengalami peningkatan dari rata-rata skor pretest 85 menjadi 45 pada skor posttest. (3) Tanggapan peserta positif terhadap pelaksanaan pelatihan pengembangan media inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar