Kamis, 18 April 2019

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH JENIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU-GURU SD DI KECAMATAN INERIE KABUPATEN NGADA


Aimere/Ngada. Dosen STKIP Citra Bakti mengadakan kegiatan pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas untuk guru-guru SD di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Ketiga dosen tersebut adalah Dimas Qondias, Dek Ngurah Laba Laksana, dan Melkior Wewe. 

Waktu penyelenggaraan yaitu selama 1 minggu yaitu hari 1 April sampai 7 April 2016. Hari pertama adalah pemberian pretest untuk seluruh peserta dan dilanjutkan dengan pembuatan proposal tahap awal (tanpa pelatihan), hari selanjutnya adalah pemberian materi, praktek penulisan proposal PTK, pemberian posttest dan evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Tim pelaksana dari STKIP Citra Bakti menyiapkan  perlengkapan berupa laptop sementara panitia pelaksana dari gugus I menyediakan LCD dan sound systemTim pelaksana menyusun makalah tentang tentang penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) dan digandakan sejumlah peserta, sehingga setiap peserta pelatiahn memperoleh masing-masing satu eks untuk dibaca dan tim pelaksana juga membuat sajian dalam bentuk power poin.

Proses interaksi penyajian-peserta baru dimulai pada pukul 10.00 Wita karena adanya registrasi, pembagaian ATK dan makalah. Pukul 09.00 Wita dilanjutkan dengan acara pembukaan berupa sambutan dari ketua panitia pelaksana, ketua gugus I kecamatan Inerie selatan dan dibuka oleh ketua LPPM STKIP Citra Bakti Ngada. Acara dilanjutkan dengan kudapan. Kegiatan terlaksana dalam bentuk kegiatan berikut ini.
a)  Penyajian menyajikan materi sajian, berikut contoh-contoh dan ilustrasi, materi penulisan proposal penelitian tindakan kelas disajikan melalui slide power point oleh penyaji.
b)     Sesi berikutnya, para guru diberikan kesempatan untuk bertanya, menyampaikan hal-hal yang belum di pahami dan bertukar pengalaman terkait kendala-kendala yang pernah dialami dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas.
c)     Setelah sesi tanya jawab, peserta dan penyaji istirahat untuk menikmati makan siang selama 30 menit.

d)      Tahap selanjutnya guru ditugaskan menulis sebuah proposal penelitian secara individu dengan membagi kedalam beberapa kelompok.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan kemampuan dalam menulis karya ilmiah khususnya jenis penelitian tindakan kelas dan melatih guru-guru untuk meningkatkan budaya meneliti. Pengabdian ini melihat dari adanya Kurang pengetahuan dan keterampilan guru SD di kecamatan Inerie dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan Kurangnya pengetahuan guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini dilakukan di gugus I Kecamatan Inerie yang diikuti 43 orang guru. Kegiatan ini diawali dengan penyajian materi PTK yang disajikan oleh 3 pembicara dengan metode presentasi, kegiatan selanjutnya dibuka sesi tanya jawab dari peserta ke narasumber, setelah itu dilanjutkan dengan penulisan proposal penelitian tindakan kelas oleh peserta dan didampingi oleh narasumber. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) meningkatnya minat dan motivasi guru-guru SD dalam menulis proposal penelitian tindakan kelas dari rata-rata skor pretest 40 menjadi 76 pada skor posttest. (2) kemampuan guru dalam menulis proposal penelitian tindakan kelas mengalami peningkatan dari rata-rata skor pretest 55 menjadi 75 pada skor posttest. (3) Tanggapan peserta positif terhadap pelaksanaan pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar