Minggu, 21 Juli 2013

Artikel Penelitian



PROFIL PEMAHAMAN KONSEP IPA  GURU-GURU KELAS
SEKOLAH DASAR  DI KABUPATEN NGADA

Oleh
Dek Ngurah Laba Laksana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan pemahaman konsep tentang materi IPA SD pada guru-guru kelas sekolah dasar di Kabupaten Ngada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada guru-guru sekolah dasar dengan jumlah responden 50 orang.. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi. wawancara dan tes diagnostik. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Maret 2013 dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan agar pengumpulan data yang diperoleh dari sumber pendukung penelitian ini lebih akurat. Data kemudian dianalisis secara deskriptif melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemahaman konsep guru sekolah dasar pada konsep-konsep dalam materi IPA sekolah dasar sangat bervariasi. Hal ini menunjukkan bahwa guru memiliki beragam konsepsi terhadap suatu konsep yang telah dipelajari. Rata-rata pemahaman konsep ilmiah adalah sebesar 25% sedangkan 75% adalah miskonsepsi dan bukan miskonsepsi (hanya mengulang soal sebagai alasan). Konsep-konsep yang dominan mengalami miskonsepsi tersebut mempunyai persentase di atas 50%. Konsep-konsep tersebut antara lain 1) konsep zat-zat yang diperlukan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan hijau (60%), 2) konsep proses fotosintesis membutuhkan cahaya (50%), 3) konsep massa jenis zat (68%), dan 4) konsep gerak jatuh bebas (78%).


Kata-kata kunci           : miskonsepsi, materi IPA SD

Selengkapnya klik di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar