PROFIL PEMAHAMAN
KONSEP IPA GURU-GURU
KELAS
SEKOLAH DASAR DI
KABUPATEN NGADA
Oleh
Dek Ngurah Laba
Laksana
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan mengidentifikasi
dan mendeskripsikan pemahaman konsep tentang materi IPA SD pada guru-guru kelas sekolah dasar di
Kabupaten Ngada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada guru-guru sekolah dasar dengan jumlah responden 50
orang..
Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi. wawancara dan tes diagnostik. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada
bulan Maret 2013 dan disesuaikan
dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan agar pengumpulan data yang diperoleh
dari sumber pendukung penelitian ini lebih akurat. Data kemudian dianalisis secara deskriptif melalui empat tahapan yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa profil
pemahaman konsep guru sekolah dasar
pada konsep-konsep dalam materi IPA sekolah dasar sangat
bervariasi. Hal ini menunjukkan bahwa guru memiliki beragam konsepsi terhadap
suatu konsep yang telah dipelajari. Rata-rata pemahaman konsep ilmiah adalah sebesar 25% sedangkan 75% adalah miskonsepsi
dan bukan miskonsepsi (hanya mengulang soal sebagai alasan). Konsep-konsep yang
dominan mengalami miskonsepsi tersebut mempunyai persentase di atas 50%.
Konsep-konsep tersebut antara lain 1) konsep zat-zat yang diperlukan dalam
proses fotosintesis pada tumbuhan hijau (60%), 2) konsep proses fotosintesis
membutuhkan cahaya (50%), 3) konsep massa jenis zat (68%), dan 4) konsep gerak
jatuh bebas (78%).
Selengkapnya klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar