IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDI BOBOU
KABUPATEN NGADA
Oleh
Dek Ngurah Laba Laksana, S.Pd., M.Pd.
Katarina
Rabu, S.Pd.SD.
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk
memperbaiki pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran kontekstual
berbantuan LKS. Secara operasional tujuan
penelitian tindakan
ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas IV SDI Bobou dengan menerapkan
pembelajaran kontekstual
berbantuan LKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas IV SDI Bobou Kabupaten Ngada dengan jumlah siswa
adalah 37 orang. Metode pengumpulan data yang
dipergunakan adalah observasi dan tes pemahaman konsep IPA. Pelaksanaan penelitian
dilakukan pada Pebruari 2013 sampai April 2013.
Data kemudian
dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan aktivitas belajar dan
pemahaman konsep IPA siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan materi energi panas
dan energi bunyi yaitu 18,92 dengan kategori cukup aktif dan standar deviasi
2,15 sedangkan rata-rata aktivitas belajar siklus II dengan materi energi
alternatif dan perubahan energi gerak adalah 21,95 dengan kategori tinggi dan
standar deviasi 1,25. 2) Rata-rata pemahaman konsep IPA pada siklus I yaitu
48,89 dengan kategori sangat rendah dan standar deviasi 14,93 serta ketuntasan
38% sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa yaitu 76,29 dengan kategori
sangat tinggi dan standar deviasi 7,77 serta ketuntasan 100%.
Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan LKS berhasil meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPA
pada siswa kelas IV SDI Bobou tahun ajaran 2012/2013. Pada akhir siklus aktivitas
siswa ada pada kategori aktif dan pemahaman konsep ada pada kategori tinggi.
Kata-kata kunci : pembelajaran kontekstual, LKS, aktivitas belajar, pemahaman konsep
IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar