Minggu, 21 Juli 2013

Artikel Penelitian



IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDI BOBOU
KABUPATEN NGADA

Oleh
Dek Ngurah Laba Laksana, S.Pd., M.Pd.
Katarina Rabu, S.Pd.SD.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan LKS. Secara operasional tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas IV SDI Bobou dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan LKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas IV SDI Bobou Kabupaten Ngada dengan jumlah siswa adalah 37 orang. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan tes pemahaman konsep IPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Pebruari 2013 sampai April 2013. Data kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPA siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan materi energi panas dan energi bunyi yaitu 18,92 dengan kategori cukup aktif dan standar deviasi 2,15 sedangkan rata-rata aktivitas belajar siklus II dengan materi energi alternatif dan perubahan energi gerak adalah 21,95 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 1,25. 2) Rata-rata pemahaman konsep IPA pada siklus I yaitu 48,89 dengan kategori sangat rendah dan standar deviasi 14,93 serta ketuntasan 38% sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa yaitu 76,29 dengan kategori sangat tinggi dan standar deviasi 7,77 serta ketuntasan 100%.
Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan LKS berhasil meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV SDI Bobou tahun ajaran 2012/2013. Pada akhir siklus aktivitas siswa ada pada kategori aktif dan pemahaman konsep ada pada kategori tinggi.


Kata-kata kunci  :   pembelajaran kontekstual, LKS, aktivitas belajar, pemahaman konsep IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar