RPP IPA TERPADU
Satuan Pendidikan | : | ……………………….. |
Mata Pelajaran | : | IPA TERPADU |
Kelas/Semester | : | Kelas VII/ Semester I |
Tema Pembelajaran | : | Laut |
Alokasi Waktu | : | 3 x 40 menit |
I. | Standar Kompetensi | ||
Fisika | : | 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan | |
Kimia | : | 2. Memahami klasifikasi zat | |
Biologi | : | 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan | |
II. | Kompetensi Dasar | ||
Fisika | : | 1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya | |
Kimia | : | 2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran | |
Biologi | : | 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik | |
III. | Indikator | ||
Fisika | : | 1.2.1 Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat | |
Kimia | : | 2.4.1 Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan | |
Biologi | : | 5.1.1 Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan 5.1.2 Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan | |
IV. | Karakter yang diharapkan: Ketelitian Tanggungjawab Percaya diri Ketekunan Kerjasama |
V. Materi Ajar
Fisika | Kimia | Biologi |
Suhu dan Pengukuran | Unsur, senyawa dan campuran | Komponen abiotik dan biotik |
Materi lintas sastra (menggunakan cerita dalam memulai materi)
Hampir 90% permukaan bumi diisi oleh air. Sebagian besar air tersebut akan bermuara ke laut. Sehingga laut sangat kaya akan mineral-mineral anorganik seperti besi, tembaga, seng dan lain sebagainya. Selain kelimpahan bahan mineral, kehidupan di bawah laut juga menjadi fenomena yang begitu mengagumkan. Kekayaan terumbu karang, ikan, dan tumbuhan laut seperti rumput laut sangatlah menarik untuk dipelajari.
Gambar 1 Kehidupan di laut
VI. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Model pembelajaran kooperatif berbasis lingkungan
Metode Pembelajaran : Diskusi dan pemberian tugas
Pendekatan : Tematik, kontekstual
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan | Alokasi waktu |
Apersepsi: 1. Memotivasi siswa dengan menceritakan tentang kehidupan di laut 2. Mengkomunikasikan kompetensi dasar, indikator, rencana kegiatan pembelajaran dan karakter yang diharapkan. | 5 menit 5 menit |
B. Inti
Kegiatan | Alokasi waktu |
Eksplorasi 1. Menunjukkan beberapa gambar tentang kehidupan di dasar laut dan memerikan penjelasan berupa rumusan masalah mengenai cara melakukan pengukuran suhu, unsur, senyawa dan campuran, serta komponen biotik dan abiotik. 2. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS untuk setiap kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2-3 siswa. Elaborasi 3. Membimbing kelompok mesdiskusikan permasalahan yang ada di LKS dengan teliti dan cermat. 4. Meminta masing-masing siswa dalam setiap kelompok agar bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. Konfirmasi 5. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat diminta guru. 6. Membimbing kelompok berkomunikasi untuk menyampaikan pendapat dalam menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS 7. Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. | 25 menit 5 menit 20 menit 5 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
C. Penutup
Kegiatan | Alokasi waktu |
1. Memberikan penguatan terhadap konsep-konsep yang kurang dipahami siswa 2. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR untuk mencari unsur, senyawa, dan campuran, komponen biotik dan abiotik di lingkungan sekitar rumah. | 10 menit 5 menit |
VIII. Sumber Pembelajaran
1. Lembar Kerja Siswa bertemakan Laut
2. Gambar kehidupan laut
3. IPA Kimia SMP dan MTs untuk Kelas VII
4. Internet (melalui www.wikipidia.com)
5. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII
6. Silabus
A. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik penilaian : tes tulis
b. Bentuk instrumen : tes uraian
(Terlampir)
Daftar Pustaka
Lutfi. 2007. IPA Kimia SMP dan MTs untuk Kelas VII. Jakarta: Penerbit Esis
Winarsih, Anni. 2008. IPA Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
BERTEMAKAN LAUT
Materi
Hampir 90% permukaan bumi diisi oleh air. Sebagian besar air tersebut akan bermuara ke laut. Sehingga laut sangat kaya akan mineral-mineral anorganik seperti besi, tembaga, seng dan lain sebagainya. Selain kelimpahan bahan mineral, kehidupan di bawah laut juga menjadi fenomena yang begitu mengagumkan. Kekayaan terumbu karang, ikan, dan tumbuhan laut seperti rumput laut sangatlah menarik untuk dipelajari.
Gambar 1 Kehidupan di laut
Dari cerita di atas, diskusikanlah pertanyaan-pertantaan di bawah ini!
1. Bagaimanakah kita dapat melakukan pengkuran suhu permukaan air laut?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
2. Berikanlah contoh zat yang termasuk unsur, senyawa, dan campuran yang terdapat di laut?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
3. Berikanlah contoh benda yang termasuk komponen biotik dan abiotik yang terdapat di laut?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
4. Coba kalian simpulkan apakah yang dimaksud dengan unsur, senyawa, dan campuran!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
5. Coba kalian simpulkan apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik!
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar