PEDOMAN OBSERVASI
PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR
By: Mahasiswa Pendas Program Pasca sarjana
Undiksha 2011
NO | ASPEK YANG DINILAI | NILAI | |
1. | Rumusan indicator | ||
a. Kejelasan dan kelengkapan rumusan indicator berorientasi pembelajaran inovatif | |||
b. Kesesuaian dengan KD | |||
2. | Pemilihan materi ajar | ||
a. Kesesuaian dengan tujuan | |||
b. Kesesuaian dengan karakteristik siswa SD | |||
c. Keruntutan dan sistematika materi ajar | |||
d. Pemanfaatan materi ajak kontekstual | |||
3. | Penentuan pendekatan/metode pembelajaran | ||
a. Kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran | |||
b. Kesesuainnya dengan materi pembelajaran | |||
c. Kesesuainnya dengan karakteristik siswa SD | |||
d. Kesesuain dengan alokasi waktu | |||
e. Kejelasan langkah pembelajaran yang dirancang sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih | |||
4. | Pemilihan sumber belajar/media | ||
a. Kesesuainnya dengan tujuan/indikator pembelajaran | |||
b. Kesesuainnya dengan materi pembelajaran | |||
c. Kesesuaiannya dengan karakteristik siswa SD | |||
d. Pemanfaatan media realistic | |||
5. | Penilaian proses dan hasil belajar | ||
a. Kesesuain teknik dengan tujuan pembelajaran | |||
b. Kejelasan prosedur penilaian | |||
c. Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran) | |||
d. Pemanfaatan assessment otentik sesuai dengan tujuan | |||
6. | Penampilan dokumen RPP | ||
a. Kerapian dan kebersihan | |||
b. Penggunaan bahasa tulis | |||
Total Skor : | |||
komentar /saran : |
NO | ASPEK YANG DINILAI | NILAI |
1. | Prapembelajaran | |
a. Menyiapkan ruang, alat dan media pembelajaran | ||
b. Memeriksa kesiapan siswa | ||
2. | Membuka pembelajaran | |
a. Melakukan apersepsi terkait dengan materi prasyarat yang harus sudah di kuasai siswa | ||
b. Appersepsi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa | ||
c. Menyampaikan kompetensi, tujuan dan rencana kegiatan pembelajaran | ||
3. | Inti pembelajaran | |
A. Penguasaan materi pembelajaran | ||
a. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan | ||
b. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan | ||
c. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran | ||
B. Pendekatan/strategi pembelajaran | ||
a. melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP | ||
b. melaksanakan pembelajaran sesuai tingkat perkembangan siswa SD | ||
c. melaksanakan pembelajaran sesuai karakteristik pendekatan yang digunakan | ||
d. melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual | ||
e. mengupayakan pembelajaran berorientasi pakem | ||
f. melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu | ||
C. pemanfaatan sumber/media pembelajran | ||
a. menunjukkan keteramplian penggunaan sumber/media pembelajran | ||
b. menghasilkan pesan yang menarik | ||
c. melibatkan siswa dalam penyiapan dan pemanfaatan media | ||
D. pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa | ||
a. menimbulkan partisispasi dan kebiasaan positif siswa | ||
b. merespon positif partisipasi siswa | ||
c. memfasilitasi terjadinya interaksi guru-siswa, siswa-siswa | ||
d. menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif | ||
e. menumbuhkan keceriaan dan antusiasme dalam belajar | ||
E. penampilan guru didepan kelas | ||
a. menggunakan pakaian dan tata rias yang pantas | ||
b. menunjukkan rasa percaya diri, antusias, simpatik | ||
c. menggunakan bahasa lisan secara jelas | ||
d. menyampaikan pesan dengan gaya yang efektif | ||
F. penilaian proses dan hasil belajar | ||
a. memantau kemajuan belajar | ||
b. melakukan penilaian akhir sesuai dengan tujuan/indicator | ||
4. | Menutup pelajaran | |
a. melakukan refleksi dengan melibatkan siswa | ||
b. melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, tugas sebagai bagian dari pengayaaan | ||
Total Skor : | ||
Komentar /saran : |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar