Jumat, 14 Januari 2011

Pedoman Observasi


PEDOMAN OBSERVASI
PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR
By: Mahasiswa Pendas Program Pasca sarjana
Undiksha 2011

NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1.
Rumusan indicator


a.       Kejelasan dan kelengkapan rumusan indicator berorientasi pembelajaran inovatif


b.      Kesesuaian dengan KD

2.
Pemilihan materi ajar


a.       Kesesuaian dengan tujuan


b.      Kesesuaian dengan karakteristik siswa SD


c.       Keruntutan dan sistematika materi ajar


d.      Pemanfaatan materi ajak kontekstual

3.
Penentuan pendekatan/metode pembelajaran


a.       Kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran


b.      Kesesuainnya dengan materi pembelajaran


c.       Kesesuainnya dengan karakteristik siswa SD


d.      Kesesuain dengan alokasi waktu


e.       Kejelasan langkah pembelajaran yang dirancang sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih

4.
Pemilihan sumber belajar/media


a.       Kesesuainnya dengan tujuan/indikator pembelajaran


b.      Kesesuainnya dengan materi pembelajaran


c.       Kesesuaiannya dengan karakteristik siswa SD


d.      Pemanfaatan media realistic

5.
Penilaian proses dan hasil belajar


a.       Kesesuain teknik dengan tujuan pembelajaran


b.      Kejelasan prosedur penilaian


c.       Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)


d.      Pemanfaatan assessment otentik sesuai dengan tujuan

6.
Penampilan dokumen RPP


a.       Kerapian dan kebersihan


b.      Penggunaan bahasa tulis



Total Skor :



komentar /saran :








II Pelaksanaan Pembelajaran
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1.
Prapembelajaran


a.       Menyiapkan ruang, alat dan media pembelajaran


b.      Memeriksa kesiapan siswa

2.
Membuka pembelajaran


a.       Melakukan apersepsi terkait dengan materi prasyarat yang harus sudah di kuasai siswa


b.      Appersepsi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa


c.       Menyampaikan kompetensi, tujuan dan rencana kegiatan pembelajaran

3.
Inti pembelajaran


A.       Penguasaan materi pembelajaran


a.       Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan


b.      Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan


c.       Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran


B.       Pendekatan/strategi pembelajaran


a.        melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP


b.      melaksanakan pembelajaran sesuai tingkat perkembangan siswa SD


c.       melaksanakan pembelajaran sesuai karakteristik pendekatan yang digunakan


d.      melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual


e.       mengupayakan pembelajaran berorientasi pakem


f.       melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu


C.     pemanfaatan sumber/media pembelajran


a.       menunjukkan keteramplian penggunaan sumber/media pembelajran


b.      menghasilkan pesan yang menarik


c.       melibatkan siswa dalam penyiapan dan pemanfaatan media


D.    pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa


a.       menimbulkan partisispasi dan kebiasaan positif siswa


b.      merespon positif partisipasi siswa


c.       memfasilitasi terjadinya interaksi guru-siswa, siswa-siswa


d.      menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif


e.       menumbuhkan keceriaan dan antusiasme dalam belajar


E.     penampilan guru didepan kelas


a.       menggunakan pakaian dan tata rias yang pantas


b.      menunjukkan rasa percaya diri, antusias, simpatik


c.       menggunakan bahasa lisan secara jelas


d.      menyampaikan pesan dengan gaya yang efektif


F.      penilaian proses dan hasil belajar


a.       memantau kemajuan belajar


b.      melakukan penilaian akhir sesuai dengan tujuan/indicator

4.
Menutup pelajaran


a.       melakukan refleksi dengan melibatkan siswa


b.      melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, tugas sebagai bagian dari pengayaaan


Total Skor :


Komentar /saran :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar