MISKONSEPSI DALAM
MATERI IPA SEKOLAH DASAR
Dek Ngurah Laba Laksana
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
STKIP Citra Bakti
Nusa Tenggara Timur-Indonesia
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada calon guru dalam
materi IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif untuk memaparkan lebih dalam mengenai jenis miskonsepsi yang
terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah calon guru SD yang berasal dari
mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jumlah subjek yang dijadikan
informan adalah 64 orang, yang terdiri dari 44 orang calon guru perempuan dan 20
orang laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) terjadi
miskonsepsi dalam berbagai konsep IPA di sekolah dasar, (2) konsep-konsep yang dominan mengalami miskonsepsi dengan persentase lebih dari 60% adalah
(a) konsep zat-zat yang
diperlukan dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau, b) konsep fotosintesis
membutuhkan cahaya, 3) konsep massa jenis zat, dan 4) konsep gerak jatuh bebas.
Kata-kata kunci:
miskonsepsi, IPA SD
Abstract
This study aimed to describe the misconception that
occurs in the material science teachers in primary schools. This study used a
qualitative approach to explain more about the kinds of misconceptions that
occur. Subjects in this study were elementary school pre-service teacher of primary
teacher education student of Universitas Pendidikan Ganesha. The number of subjects who used the respondents is 64
people, consisting of 44 female teachers and 20 men.
The results obtained are as follows. (1) occurs misconceptions
about the various concepts of science in elementary school, (2) the concepts of
the dominant experience of misconceptions with a percentage of more than 60% is
(a) the concept of substances that are required in the process of photosynthesis
of green plants, b) the concept of photosynthesis requires light, 3) the
concept of density of matter, and 4) the concept of motion free fall.
Key words: misconception, science concept at
elementary school
Tidak ada komentar:
Posting Komentar