Senin, 19 Desember 2016

MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR



MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR

Dek Ngurah Laba Laksana

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
STKIP Citra Bakti
Nusa Tenggara Timur-Indonesia


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada calon guru dalam materi IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memaparkan lebih dalam mengenai jenis miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah calon guru SD yang berasal dari mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Jumlah subjek yang dijadikan informan adalah 64 orang, yang terdiri dari 44 orang calon guru perempuan dan 20 orang laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) terjadi miskonsepsi dalam berbagai konsep IPA di sekolah dasar, (2) konsep-konsep yang dominan mengalami miskonsepsi dengan persentase lebih dari 60% adalah (a) konsep zat-zat yang diperlukan dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau, b) konsep fotosintesis membutuhkan cahaya, 3) konsep massa jenis zat, dan 4) konsep gerak jatuh bebas.

Kata-kata kunci: miskonsepsi, IPA SD

Abstract

This study aimed to describe the misconception that occurs in the material science teachers in primary schools. This study used a qualitative approach to explain more about the kinds of misconceptions that occur. Subjects in this study were elementary school pre-service teacher of primary teacher education student of Universitas Pendidikan Ganesha. The number of subjects who used the respondents is 64 people, consisting of 44 female teachers and 20 men. The results obtained are as follows. (1) occurs misconceptions about the various concepts of science in elementary school, (2) the concepts of the dominant experience of misconceptions with a percentage of more than 60% is (a) the concept of substances that are required in the process of photosynthesis of green plants, b) the concept of photosynthesis requires light, 3) the concept of density of matter, and 4) the concept of motion free fall. 

Key words: misconception, science concept at elementary school

Tidak ada komentar:

Posting Komentar