Rabu, 25 Mei 2016

PENTINGKAH MENGGUNAKAN INQUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR?



Disajikan dalam Seminar Nasional di Bajawa, NTT, Juni 2016
Oleh
1,2Dek Ngurah Laba Laksana, 3I Nyoman Sudana Degeng, 4I Wayan Dasna, 5I Wayan Ardhana
1STKIP Citra Bakti-Flores, Indonesia
2,3,4,5Universitas Negeri Malang, Indonesia

ABSTRAK

Tujuan utama dari paper ini adalah mendeskripsikan penggunaan inquirí dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Dalam kajian ini dipaparkan juga mengenai kesahihan strategi inquirí dalam pembelajaran IPA untuk menigkatkan pemahaman konsep IPA siswa SD. Kajian ini merupakan kajian konseptual menggunakan studi literatur yang bersumber dari jurnal-jurnal terkait dengan permasalahan dalam paper ini. Strategi inquiri yang dikaji adalah inquiri terbimbing menggunakan Model 5E. Model tersebut menggunakan lima fase: engage, explore, explain, elaborate, dan evaluate. Strategi inquirí dalam pembelajaran IPA sebagai upaya memperbaiki kualitas pembelajaran terbukti secara empiris dapat meningkatkan hasil belajar, kshusunya hasil belajar pemahaman.

Key words: inquiri, pembelajaran IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar