Disajikan dalam Seminar Nasional di Bajawa, NTT, Juni 2016
Oleh
1,2Dek Ngurah Laba Laksana, 3I Nyoman Sudana Degeng, 4I Wayan Dasna, 5I
Wayan Ardhana
1STKIP Citra Bakti-Flores, Indonesia
2,3,4,5Universitas Negeri Malang, Indonesia
ABSTRAK
Tujuan utama dari paper ini adalah mendeskripsikan
penggunaan inquirí dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Dalam kajian ini
dipaparkan juga mengenai kesahihan strategi inquirí dalam pembelajaran IPA
untuk menigkatkan pemahaman konsep IPA siswa SD. Kajian ini merupakan kajian
konseptual menggunakan studi literatur yang bersumber dari jurnal-jurnal
terkait dengan permasalahan dalam paper ini. Strategi inquiri
yang dikaji adalah inquiri terbimbing menggunakan Model 5E. Model tersebut
menggunakan lima fase: engage, explore, explain, elaborate, dan evaluate. Strategi inquirí dalam pembelajaran IPA sebagai
upaya memperbaiki kualitas pembelajaran terbukti secara empiris dapat
meningkatkan hasil belajar, kshusunya hasil belajar pemahaman.
Key words: inquiri,
pembelajaran IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar