PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KOPERASI KELAS IV SDK
MATALOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
OLEH
LIU MARGARETHA* & DEK NGURAH LABA LAKSANA**
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDK Mataloko
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDK Mataloko Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 25
orang, terdiri dari 19 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan empat tahap penelitian yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara
deskriptif.
Hasil penelitian
telah membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan hasil belajar siswa-siswi kelas IV SDK Mataloko pada mata
pelajaran IPS. Hal tersebut ditunjukan pada peningkatan baik pada proses maupun
pada hasil belajar IPS kelas IV SDK Mataloko. Keaktifan siswa-siswi sebagai
sebuah proses meningkat dari rata-rata 3,0 pada siklus I menjadi 4,0 pada
siklus II. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan angka yaitu tes pada
siklus I rata-rata 72 menjadi rata-rata 90,64 pada siklus II serta kuis pada
siklus I sebesar 70,16 dan siklus II sebesar 86,4.
Kata kunci: pembelajaran
kooperatif, tipe STAD, hasil belajar IPS
* Guru di SDK Mataloko
** Dosen di STKIP Citra Bakti Ngada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar