Sabtu, 09 November 2013

Artikel Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF   TIPE STAD UNTUK  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR   IPS PADA MATERI KOPERASI KELAS IV SDK MATALOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

OLEH
LIU MARGARETHA* & DEK NGURAH LABA LAKSANA**

ABSTRAK

            Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDK Mataloko melalui penerapan model pembelajaran kooperatif STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Mataloko Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 19 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian telah membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi kelas IV SDK Mataloko pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut ditunjukan pada peningkatan baik pada proses maupun pada hasil belajar IPS kelas IV SDK Mataloko. Keaktifan siswa-siswi sebagai sebuah proses meningkat dari rata-rata 3,0 pada siklus I menjadi 4,0 pada siklus II. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan angka yaitu tes pada siklus I rata-rata 72 menjadi rata-rata 90,64 pada siklus II serta kuis pada siklus I sebesar 70,16 dan siklus II sebesar 86,4.


Kata kunci: pembelajaran kooperatif, tipe STAD, hasil belajar  IPS


* Guru di SDK Mataloko
** Dosen di STKIP Citra Bakti Ngada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar