PENERAPAN PEMBELAJARAN “BBM”
BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA
KELAS VIII SMP
NASIONAL PLUS WIDIATMIKA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN
2011/2012
Diajukan kepada Panitia Lomba Penelitian
Tindakan Kelas
HMJ Pendidikan Fisika Undiksha
Oleh
Dek Ngurah Laba Laksana, S.Pd.,M.Pd
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPA Terpadu dengan
menerapkan pembelajaran BBM berbasis
lingkungan. Secara operasional tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan
pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Widiatmika pada materi bahan kimia dalam kehidupan terhadap penerapan pembelajaran “BBM” berbasis
lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan di Kelas VIII SMP Nasional
Plus Widiatmika Kabupaten Badung dengan jumlah siswa adalah 18 orang. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan tes pemahaman konsep IPA. Pelaksanaan
penelitian dilakukan pada Pebruari 2012 sampai April 2012. Data kemudian dianalisis
secara deskriptif untuk menggambarkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPA
siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah
sebagai berikut. (1) Rata-rata aktivitas
belajar siswa pada siklus I dengan materi bahan kimia rumah tangga yaitu 20,33
dengan kategori tinggi dan standar deviasi 1,24 sedangkan rata-rata aktivitas
belajar siklus II dengan materi zat adiktif dan psikotropika adalah 21,78
dengan kategori tinggi dan standar deviasi 1,33. 2) Rata-rata pemahaman konsep
IPA pada siklus I yaitu 74,56 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 10,74
serta ketuntasan 72,22% sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa yaitu
82,83 dengan kategori sangat tinggi dan standar deviasi 6,74 serta ketuntasan
100%.
Kesimpulan umum yang
diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran BBM berbasis lingkungan
berhasil meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Widiatmika tahun ajaran 2011/2012. Pada tindakan siklus pertama rerata aktivitas siswa adalah 20,33 dengan kategori aktif dan tindakan siklus kedua, rerata aktivitas siswa adalah 21,78 dengan kategori
aktif. Sedangkan pemahaman konsep IPA siswa pada tindakan
siklus pertama yaitu rata-rata sebesar 74,56 dengan kategori tinggi dan pada tindakan siklus
kedua rerata siswa adalah 82,83
dengan kategori sangat tinggi.
Kata-kata kunci : pembelajaran BBM, aktivitas belajar, pemahaman konsep IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar