Minggu, 16 September 2012

Penelitian Tindakan Kelas


PENERAPAN PEMBELAJARAN BBM” BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK  MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL PLUS WIDIATMIKA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012

Diajukan kepada Panitia Lomba Penelitian Tindakan Kelas
HMJ Pendidikan Fisika Undiksha

Oleh
Dek Ngurah Laba Laksana, S.Pd.,M.Pd


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran IPA Terpadu dengan menerapkan pembelajaran BBM berbasis lingkungan. Secara operasional tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Widiatmika pada materi bahan kimia dalam kehidupan terhadap penerapan pembelajaran BBM” berbasis lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas VIII SMP Nasional Plus Widiatmika Kabupaten Badung dengan jumlah siswa adalah 18 orang. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan tes pemahaman konsep IPA. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Pebruari 2012 sampai April 2012. Data kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep IPA siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan materi bahan kimia rumah tangga yaitu 20,33 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 1,24 sedangkan rata-rata aktivitas belajar siklus II dengan materi zat adiktif dan psikotropika adalah 21,78 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 1,33. 2) Rata-rata pemahaman konsep IPA pada siklus I yaitu 74,56 dengan kategori tinggi dan standar deviasi 10,74 serta ketuntasan 72,22% sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa yaitu 82,83 dengan kategori sangat tinggi dan standar deviasi 6,74 serta ketuntasan 100%.
Kesimpulan umum yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan pembelajaran BBM berbasis lingkungan berhasil meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Widiatmika tahun ajaran 2011/2012. Pada tindakan siklus pertama rerata aktivitas siswa adalah 20,33 dengan kategori aktif dan tindakan siklus kedua, rerata aktivitas siswa adalah 21,78 dengan kategori aktif. Sedangkan pemahaman konsep IPA siswa pada tindakan siklus pertama yaitu rata-rata sebesar 74,56 dengan kategori tinggi dan pada tindakan siklus kedua rerata siswa adalah 82,83 dengan kategori sangat tinggi.


Kata-kata kunci  : pembelajaran BBM, aktivitas belajar, pemahaman konsep IPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar